Bank Kalsel

  • 1.jpg
  • 2.jpg
  • 4.jpg
  • 1.jpg
  • 2.jpg
  • 2leflet-depan2.jpg
  • banner_16.jpg
  • salanjung_kpe.jpg
  • salanjung_rezeki.jpg

Bank Kalsel Photo Contest 2012

Berangkat dari rasa cinta terhadap nilai-nilai budaya, keindahan, dan kearifan lokal Kalimantan Selatan, Bank Kalsel kembali melaksanakan Bank Kalsel Photo Contest 2012. Event yang dilaksanakan pada tahun ini merupakan event ke empat kalinya sejak pelaksanaan pertama di tahun 2009 dan menjadi salah satu ajang fotografi terbesar di Kalimantan Selatan. Bank Kalsel melaksanakan event ini guna mengenalkan nilai-nilai, budaya dan pariwisata Kalimantan Selatan kepada khalayak luas.

Dalam foto kontes kali ini, tema yang diangkat oleh panitia adalah “Warna Warni Kalimantan Selatan”, dengan 3 sub tema yaitu “Kearifan Lokal Masyarakat Kalimantan Selatan”, “Permainan Tradisional”, dan ”Arsitektur Masjid/Musholla Khas Kalimantan Selatan”. Bank Kalsel Photo Contest 2012 ini mulai dibuka sejak bulan September 2012 untuk masyarakat umum baik di Kalimantan Selatan ataupun dari luar Kalimantan Selatan, dengan rangkaian kegiatan terdiri atas lomba foto, coaching clinic fotografi, dan pameran foto.

Seperti pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya, masyarakat sangat antusias mengikuti lomba foto ini. Animo masyarakat dan pecinta fotografi pada Bank Kalsel Photo Contest tahun ini semakin meningkat, hal ini terlihat dari jumlah foto yang diterima panitia meningkat dari tahun sebelumnya dengan total diterima 451 foto hasil karya 291 fotografer, yang merupakan karya dari fotografer Kalimantan dan luar Kalimantan. Masing-masing subtema akan memperebutkan hadiah I senilai Rp 5 juta, hadiah II senilai Rp 4 juta, dan hadiah III senilai Rp 3 juta, dengan total memperebutkan 9 hadiah bagi 3 subtema.

Rangkaian kegiatan foto kontes ini ditutup dengan kegiatan pameran foto 75 besar pada hari Sabtu-Minggu tanggal 13-14 Oktober 2012 di Duta Mall Banjarmasin. Acara pameran ini dibuka oleh Direktur Utama Bank Kalsel, H. Juni Rif’at, dihadiri oleh jajaran Direksi, pimpinan Divisi, Manajer promosi Banjarmasin Post, seluruh tamu undangan dan pengunjung pameran. Dalam sambutannya, H. Juni Rif’at menyampaikan harapannya agar kegiatan foto kontes ini dapat menjadi dukungan terhadap upaya menjadikan nilai-nilai kearifan lokal dan budaya Kalimantan Selatan sebagai identitas masyarakat banua agar tak tergerus oleh perkembangan jaman lewat nilai-nilai yang tersirat dari pesan yang disampaikan falam foto-foto ini. H. Juni Rif’at juga berharap dengan adanya Bank Kalsel Photo Cotest ini mampu menjadi wadah kreatifitas para fotografer dan menjadi kontribusi positif bagi perkembangan dunia fotografi di Kalimantan Selatan khususnya.

Pada tahun ini, Makarios Sukojo seorang fotografer nasional yang cukup berkompeten di bidang fotografi ditunjuk sebagai dewan juri nasional dan pemateri coaching clinic fotografi Bank Kalsel Photo Contest 2012. Dalam materinya, Makarios menyampaikan tentang tantangan seorang fotografer adalah bagaimana dia mampu mengangkat peristiwa biasa dalam kehidupan sehari-hari menjadi hal yang istimewa lewat foto yang ditampilkannya. Makarios juga menyampaikan apresiasinya kepada Bank Kalsel yang memiliki visi mengangkat nilai-nilai kearifan budaya Kalimantan Selatan melalui foto kontes ini.

Dalam kegiatan pameran foto ini, juga diumumkan nama-nama pemenang dari lomba foto ini. Berikut judul foto dan nama-nama pemenang lomba Bank Kalsel Photo Contest 2012:

Kategori Permainan Tradisional

Juara 1: ”Bagasing” fotografer Riyan Dwi

Juara 2: ”Balogo” fotografer Andi Febriansyah

Juara 3: ”Bedaku di Rumah Banjar” fotografer M. Fahrul

Kategori Arsitektur Mesjid/Musholla

Juara 1: ”Warisan Sang Sultan” fotografer Muhammad Noor

Juara 2: ”Nenas di Atas Kubah” fotografer Faisal

Juara 3:  ”Pagi Hari di Sebuah Mesjid” fotografer Yamtono

Kategori Kearifan Lokal

Juara 1: ”Kawin Adat Dayak Meratus” fotografer Yasser A

Juara 2: ” Menunggu Pembeli” fotografer Donny Sophandi

Juara 3: ”Mamarut Rumbia” fotografer Achmad Abda’ie Rathoni.

 

Tim juri didampingi Dirut Bank Kalsel H. Juni Rif'at melakukan penyeleksian foto peserta lomba

 

Dirut Bank Kalsel H. Juni Rif'at membuka kegiatan pameran foto Bank Kalsel Photo Contest 2012 di Duta Mall

 

Stand pameran Bank Kalsel Photo Contest 2012 di Duta Mall

 

Pengunjung menikmati foto-foto yang dipamerkan dalam Bank Kalsel Photo Contest

 

FOTO-FOTO PEMENANG BANK KALSEL PHOTO CONTEST 2012

A. Kategori Permainan tradisional

 

Juara 1: "Bagasing" (Riyan Dwi)

 

Juara 2: "Balogo" (Andi Febriansyah)

 

Juara 3: "Bedaku di rumah Banjar" (M. Fahrul)

 

B. Kategori Arsitektur Mesjid/Musholla

 

Juara 1: "Warisan Sang Sultan" (Muhammad Noor)

 

Juara 2: "Nenas di atas Kubah" (Faisal)

 

Juara 3: "Pagi Hari di Sebuah Mesjid" (Yamtono)

 

C. Kategori Kearifan Lokal

 

Juara 1: "Kawin Adat Dayak Meratus" (Yasser A)

 

Juara 2: "Menunggu Pembeli" (Donny Sophandi)

 

Juara 3: "Mamarut Rumbia" (Achmad Abda'ie Rathoni)